Harga
merupakan salah satu unsur variabel non produk yang paling sensitif bagi
konsumen karena mempunyai peranan penting dimata konsumen sebagai pertimbangan
dalam keputusan pembelian suatu produk. Dari sudut pandang pemasaran, harga
merupakan ukuran atau nilai dari barang atau jasa yang ditukarkan agar
memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa. Menurut
Kotler (2001), harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk
atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat
karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Program pemasaran yang
efektif mencampurkan semua elemen bauran pemasaran ke dalam program yang
dirancang untuk mencapai sasaran pemasaran perusahaan dengan memberikan nilai
kepada konsumen. Bauran pemasaran membentuk perangkat alat taktis perusahaan
untuk menetapkan posisi yang kuat dalam target pasar. Selain itu perusahaan
harus mempunyai perencanaan yang strategis yang dapat digambarkan sebagai
sebuah metode untuk mencapai tujuan dengan mengantisipasi hal yang akan terjadi
dan menentukan tindakan yang perlu dilakukan (Kotler, 2000).
Promosi sebagai
salah satu cakupan bauran pemasaran yang penting dalam memasaran barang atau
jasa yang dihasilkan perusahaan dan juga sebagai suatu cara memberikan
informasi kepada masyarakat tentang barang atau jasa yang dihasilkan
perusahaan. Promosi merupakan suatu bentuk dari komunikasi pemasaran, yaitu
aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk
dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar konsumen
bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produknya yang ditawarkan perusahaan
(Tjiptono,2002).
Daftar Putaka
Kotler, Philip dan
Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid
1. Jakarta : Erlangga.
Basu Swastha dan
Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Modern Liberty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar